Senin, 05 Desember 2011

Faktor Dalam Meningkatkan Promosi

Ada empat faktor yang saling berkaitan dalam meningkatkan promosi, adalah sebagai berikut :
a.    Faktor Produk
Yaitu dengan mempertimbangkan karakteristik dan cara produk tersebut dibeli, dikonsumsi dan dipersepsikan.
b.   Faktor Pasar
Pada produk-produk tertentu atau jika pangsa pasarnya tinggi perusahaan sebaiknya menggunakan strategi yang paling tepat atau menggunakan iklan dan penjualan personal secara bersama-sama. Sedangkan jika pangsa pasarnya rendah, penekanan hendaknya diberikan pada iklan atau penjualan personal namun hal tersebut tergantung pada produknya.
c.    Faktor Pelanggan
Dalam kaitannya dengan pelanggan atau sasaran yang dituju, terdapat dua strategi yang dapat diterapkan:
1) Push Strategy, yaitu aktifitas promosi produsen kepada perantara umumnya menggunakan penjualan personal dan trade promotion, dengan tujuan agar para perantara tersebut memesan dan menjual serta mempromosikan produk kepada konsumen akhir.
2) Pull Strategy, yaitu aktifitas promosi produsen kepada konsumen akhir, lazimnya menggunakan iklan dan costumer promotion, dengan tujuan agar mereka mencari produk dari para penyalur yang pada gilirannya akan memesan produk tersebut pada produsen.
d.   Faktor Anggaran
Faktor anggaran dalam promosi berkaitan erat dengan kemampuan pendanaan perusahaan untuk melakukan strategi promosi, jika pendanaan promosi perusahaan kuat maka perusahaan dapat mempergunakan iklan yang bersifat nasional maupun sebaliknya.
Promosi penjualan dapat bersifat individu maupun non individu. Berdasarkan sasarannya,promosi penjualan dapat diklasifikasi menjadi: 
  1. Promosi konsumen, misalnya produk sampel, kupon berhadiah, hadiah langsung, potongan harga, jaminan, garansi, pelayanan purnajual,demostrasi, dsb. 
  2. Promosi dagang, misalnya kredit pembelian, hadiah pembelian, periklanan bersama, pajangan bersama, kontes penjual, dan sebagainya. 
  3. Promosi bisnis, misalnya sponsor pertunjukkan, demostrasi dan peragaan dalam pertunjukkan dagang, kontes penjualan, hadiah penjualan dalam tebakan dan permainan dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar